Selasa, 17 September 2019

Level 6, Mentimulasi Kecerdasan matematika logis day 7 : Hubungan Stik es krim dan perkalian

Selasa, 17 September 2019
Bismillah

Menstimulasi kecerdasan matematika logis

Hari ini Hessa field trip ke cantigi. Dia sangat semangat sekali mengikutinya. Saya berharap pada saat disana dia senang, karena saya gak bisa lihat dia beraktifitas disana.
Jam 4 sore dia baru pulang, terbayang sudah lelah dan capeknya dia dan memang pas dia pulang terlihat wajahnya begitu lelah. Dan saya putuskan untuk tidak bermain matematika hari ini.
Tapi ternyata saya salah, sampai nya ke rumah dia izin untuk main dengan temannya, saya tanya apa dia capek atau tidak dan dia jawab tidak. Baiklah kalau begitu 😊
Setelah dia pulang bermain kemudian saya tanya, "ca, mau main fun thinkers? " sekalian belajar perkalian buat besok ujian" saya tidak mengharap lebih, hanya ingin melihat reaksi dia seperti apa saat saya ajukan pertanyaan itu,  dan ternyata Alhamdulillah dia mau. Baiklah kita bermain fun thinkers lagi melanjutkan yang kemarin, tapi hari ini bagian bab perkalian (multiply).
Mulailah kami merapikan fun thinkers nya dan masuk ke bab multiply.



Kali ini saya coba menjelaskan mengenai konsep perkalian. Awalnya dia tidak mengerti konsepnya, tapi setelah saya jelaskan bahwa perkalian itu adalah menjumlahkan secara berulang dia baru mengerti. Seperti contoh, 2*2=4 berarti 2 nya ada 2, kemudian 2*3=6 berarti 2 nya berulang 3 kali, dengan konsep ini dia langsung mengerti dan dia bisa mengerjakan fun thinkers nya dengan benar.
Kemudian saya coba menggunakan stik es krim sebagai media perkalian. Misalnya 3*3, berarti 3 stik ada 3 kali. Kemudian dia hitung, jumlahnya jadi 9, terus seperti itu sampai 4*4, dia langsung ngambil 4 stik dan dia ulang sebanyak 4 kali kemudian dia jumlahkan  dan dia bilang hasilnya 16. Oke, berarti dia sudah mengerti konsep perkalian. Alhamdulillah


Dan yang membuat saya wow, dia langsung mengatakan, "mi, gampang ya"
Alhamdulillah  😊
Dan dia teruskan bermain fun thinkers nya dengan bab selanjutnya yaitu tentang sharing, atau pembagian.


Mungkin untuk pembagian saya share tulisan berikutnya ya  😊

Alhamdulillah

IIP Kuliah Bunda Sayang, I love Math, Math Around Us

#hari7
#gamelevel6
#tantangan10hari
#ilovemath
#matharoundus
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...