Minggu, 02 Februari 2020

Membangun karakter anak lewat dongeng, day 4 : Sedikit cerita dari pesantren

Minggu, 2 Februari 2020

Bismillah

Sebenarnya ini adalah aktivitas pada hari Jum'at kemarin, ketika saya pulang dari kunjungan ke pesantren anak-anak saya di daerah Padalarang.

Saya pulang agak malam karena terjadi sesuatu di tol yang menyebabkan kemacetan, jadi pulang ke rumahnya agak terlambat dan itu membuat hessa jadi agak ngambek. Karena memang hessa gak ikut kami.

Ketika sudah pulang, dan aktivitas atau kegiatan sebelum tidur kami lakukan, alhamdulillah pas kami pulang, hessa belum tidur jadi bisa menemani dia sebelum tidur.

Kemudian mulailah saya bercerita mengenai kegiatan saya di pesantren.
Ada kejadian yang harus saya ceritakan kepada hessa, agar hessa bisa belajar dari kejadian itu.
"Umi mau cerita tadi di Pesantren" saya membuka pembicaraan dengan hessa.
"Apa itu?" kata hessa antusias
" Jadi tadi pas umi kumpul sama teteh-teteh ada anak yang nyamperin, terus dia liatin kita, tapi gak ngomong, langsung deketin trus ngeliatin makanan yang ada, "
Hessa diam tidak banyak komentar, kemudian saya lanjutkan ceritanya.
"Terus umi tawarin makanan ke anak itu, umi kasih jeruk 2, langsung dia pergi, udah aja pergi, tapi beberapa menit kemudian dia datang lagi sambil ngeliatin makanan lagi, umi langsung kasih dia roti, eh langsung pergi lagi"
"Emang dia anak siapa?" kata hessa penasaran
Saya bilang itu anak dari orang tua lain yang lagi berkunjung juga.
Tapi akhirnya dia gak datang lagi, sama ibunya sudah dikasih tahu dan ibunya langsung minta maaf atas kelakuan anak itu.

Kemudian saya tanya ke hessa, nanti kalau hessa lagi di tempat umum terus ada yang lagi makan, hessa ngedeketin gak? Atau ngeliatin makannya gak? Dia bilang, gak atuh mi, kan aku udah gede. Iya sih dia udah besar dan tidak mungkin juga melakukan itu, tapi saya hanya ingin memasukkan pelajaran kepada dia, bahwa gak boleh kayak gitu, harus sopan dan harus bersyukur atas apa yang kita punya.

Saat saya sudah selesai berceita, langsung kami baca do'a mau tidur dan akhirnya kami pun tertidur.

Saya berharap bahwa hessa menjadi anak yang punya etika dan sopan santun kepada orang lain dan menghargai orang lain.

Alhamdulillah

#Tantangan10hari
#Day4
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...