Jumat, 06 Maret 2020

Fitrah Seksualitas, day 3 : Ketika Anak bertanya (FAQ yang biasa diajukan anak mengenai seksualitas dan cara menjawabnya)

Jum'at, 6 Maret 2020
Bismillah
Fitrah Seksualitas
Level 11

Kali ini saya akan mencoba melakukan resume dari diskusi kelompok PG 3 pada hari Selasa 25 Maret 2020.
Tema yang diambil adalah tema 10 yaitu ketika anak bertanya (FAQ yang biasa diajukan anak mengenai seksualitas dan cara menjawabnya).

Diskusi diawali dengan paparan materi oleh kelompok. Sangat komplit, karena disana kita diajarkan bagaimana cara menjawab ketika anak bertanya tentang seksualitas. Diantaranya adalah :

1. Tanya balik: memberi kesempatan kita untuk menenangkan diri , dan supaya kita tahu sudah sejauh mana pengetahuan anak serta supaya kita juga tahu kata atau istilah apa yang bisa kita pergunakan dalam menjelaskan jawaban nanti.
2. Terbuka dan jujur; tidak mengarang/berbohong.
Gunakan istilah/nama yang benar. Contoh, bilang saja penis, jangan diganti dengan sebutan ‘burung’.
3. Mulai dari yang umum, berkembang mengerucut mengikuti pertanyaan/komen anak.
4. Gunakan bahasa sederhana.
5. Berikan jawaban secukupnya, tidak lebih atau kurang.
6. Gunakan buku, gambar, internet, dll.
7. Ganti topik jika anak sudah terlihat puas.
8. Akui jika tidak tahu & ajak anak untuk cari tahu bersama.

Dengan kemajuan zaman, maka anak akan semakin kritis, apalagi mengenai hal yang membuat dia tidak mengerti, dan peran orang tua lah yang menjawab semua pertanyaan anak kita. Dalam diskusi malam itu, banyak sekali pengalaman yang dialami oleh para orang tua, contohnya mengenai adab ke toilet di tempat umum. Harus dibiasakan kalau pergi ke toilet harus sesuai gendernya, kalau perempuan ya ke toilet perempuan, begitupun sebaliknya. Dan itu menjadi PR bagi semua orang tua, karena kita kadang terlalu khawatir melepas anak ke toilet sendiri. Tapi itulah pendidikan, harus dibiasakan, dan umur yang pas itu sekitar 5 tahun keatas.

Semoga pertanyaan yang diajukan oleh anak membuat para orang tua lebih sadar akan pendidikan seksualitas, terus belajar.

Alhamdulillah

#Day3
#Level11
#tantangan10hari
#Bunsay5
#FitrahSeksualitas
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...