Kamis, 05 Maret 2020

Fitrah seksualitas, level 11 day 2 : Peran lingkungan dan perlindungan dari kejahatan seksual

Kamis, 5 Maret 2020
Bismillah
Fitrah Seksualitas

Pada tanggal 24 Februari 2020, giliran kelompok 3 untuk berpresentasi, yaitu kelompo saya. Kami memilih tema 9 yaitu Peran lingkungan dan perlindungan dari Kejahatan Seksual.

 Kami menjelaskan kasus yang terjadi di Indonesia mengenai kekerasan seksual, dan kami dapat dari KPAI pada tahun 2019. Dan jumlah kasusnya sangat mengerikan, hampir 21 kasus, dan korbannya 123 anak.

Kemudian apa yang kita ambil dari kasus ini, bahwa ternyata banyak yang mengintai anak-anak kita untuk menjadi sasaran kekerasan seksual.

Kami pun membahas dampak bagi anak korban kekerasan, yaitu gangguan fisik, gangguan psikologis, masalah sosial dan masalah perilaku.

Upaya pencegahannya bagaimana? Apa yang harus dilakukan oleh kita, dan lingkungan sekitar kita dalam pencegahan kekerasan seksual pada anak:
1. Membangun "Defend Mechanisme" dalam rangka penanaman pengetahuan dan penghargaan bagian tubuh melalui pendidikan seksualitas sejak dini.
2. Membangun komunikasi efektif dua arah dan berkualitas bersama anak.
3. Mengajarkan anak untuk menahan pandangan.
4. Membangun keberanian dan ketangguhan diri.
5. Tidak memberikan gadget pada anak usia dini.

 Dan yang paling utama adalah keluarga sebagai support sistem yang pertama dan utama bagi anak untuk melindungi dirinya dari kejahatan seksual.

*Resume diskusi kelompok 3

#day2 
#tantangan10hari
#gamelevel11
#fitrahseksualitas
#kuliahbundasayang

@institut.ibu.profesional 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...