Senin, 02 Mei 2022

Akhir Ramadhan

Ramadhan telah berakhir

Bulan yang penuh dengan Rahmat, ampunan dan pembebasan dari api neraka telah berakhir. Jiwa raga ini akan rindu datangnya bulan ramadhan tahun depan. Kenangan ramadhan tahun ini akan terbawa di bulan-bulan setelah ramadhan.

Kumpul makan bersama saat sahur dan berbuka adalah hal yang pasti akan dirindukan. Berburu takjil saat sore menjelang dan tentu saja sholat berjamaah nya dan juga sholat tarawih nya. Bersahutan suara lantunan ayat suci Alquran, baik di mesjid ataupun di rumah masing-masing. Membaca terjemahan dan tafsir dari ayat Al-Quran akan menjadi kenangan dan tentu saja hal ini harus dirutinkan setelah bulan ramadhan ini. Karena sejatinya perjuangan yang sebenarnya adalah melakukan ibadah dan amal Sholeh setelah bulan ramadhan.

Pada bulan ramadhan kita ditempa segala macam ujian, yaitu ujian menahan lapar dan haus, kemudian menahan hawa nafsu dan meningkatkan amal ibadah, kemudian di bulan berikutnya lah perjuangan untuk mempertahankan atau meningkatkan ini adalah yang sebenarnya.

Aku bersyukur bisa merasakan nikmatnya ramadhan tahun ini. Ibadahnya, shodaqoh nya, silaturahmi nya, sangat aku syukuri. 

Mengisi hari-hari ramadhan dengan amal shaleh yang berharap akan ridho nya Allah, karena apa lagi yang kita cari selain dari ridho Allah SWT. Ridho akan apa yang kita lakukan, apa yang kita kerjakan, sehingga Allah akan sayang kepada kita. 

Meningkatkan Infaq shadaqah nya, seperti apa yang telah rasulullah lakukan.

"Rasulullah SAW adalah orang paling murah hati. Ia semakin murah hati di bulan Ramadhan,” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Itulah indahnya bulan ramadhan. Selalu dinantikan kehadiran nya, selalu dikenang akan setiap amal yang dilakukannya.

Doa yang selalu dilantunkan oleh Rasulullah ketiak menjelang akhir Ramadhan adalah :

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allohumma Innaka Afuwwun Kariim Tuhibbul Afwa Fa`fuanna

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Zat Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, senang pada ampunan, maka ampunilah kami, wahai Zat yang Maha Pemurah."

Semoga kita semua diberikan umur agar bisa menikmati bulan ramadhan tahun depan.

Semoga kami sekeluarga senantiasa diberikan kesehatan, keberkahan dan dijaga selalu oleh Allah SWT.

Walaupun ada saja sedih yang terjadi di bulan ramadhan, aku jadikan itu sebagai ujian dan mudah-mudahan itu akan menjadikan aku orang yang sabar dan selalu bersyukur. 

Memang banya sekali cerita di bulan ramadhan tahun ini, dari anak aku yang ke empat sempat demam dan batuk sehingga aku memutuskan untuk tidak shaum karena masih menyusui, walaupun beberapa hari aku bisa melakukan shaum, tapi melihat kondisi anak aku yang sedang batuk dan demam, aku tidak tega kalau aku shaum, karena dia masih butuh ASI aku, asupan gizi dari ASI.

Iya itulah cerita yang membuat aku menjadi kuat dan sabar. 

Semoga aku menjadi orang yang selalu bersyukur.

Aamiin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...