Sabtu, 07 Maret 2020

Fitrah Seksualitas, day 6 : Pentingnya Aqil Baligh secara Bersamaan

Sabtu, 7 Maret 2020
Bismillah
Fitrah Seksualitas
Level 11

Resume diskusi kelompok PG 5, tanggal 28 Februari yang mengambil tema Pentingnya Aqil Baligh secara Bersamaan.


Diskusi di awali dengan slide materi, berisikan mengenai arti dari aqil dan baligh. Aqil adalah kedewasaan mental (tahu baik dan buruk, bisa mengambil keputusan, sadar konsekuensi dari perbuatan), sedangkan Baligh adalah kedewasaa fisik ( ditandai dengan telah mimpi basah atau menstruasi, nafsu yang menggebu-gebu, energi yang besar) berusia 15 tahun.

Kapan sebaiknya kita melakukan pendidikan yang lebih serius untuk mengantarkan anak menuju aqil baligh?
Pertanyaan ini muncul dari materi ini, jawabannya adalah mempersiapkan pemuda untuk mencapai aqil disaat dia baligh membutuhksn proses yang panjang, hendaknya proses itu dimulai ketika mereka terlahir di dunia.

Cara memunculkan aqil pada remaja (Baligh) :
1. Jadilah partner baginya dalam hal apapun.
2. Akui kedewasaannya. Berikan kesempatan dalam tanggung jawab sosial.
3. Ajak mereka untuk membuka rekening pribadi, membuat pasport dll, yang terkait dengan eksistensi sosialnya.
4. Ajak menginap atau homestay pada orang atau keluarga sukses untuk membuka wawasan. Rasulullah mengajarkan homestay pada orang sholeh.
5. Pilihkan lingkungan dan teman yang baik. Ini juga perintah Rasulullah saw. Jika lingkungan dan teman-temannya orang- orang sukses, soleh dan mandiri, maka daya tularnya akan luar biasa, dia akan menyadari kedewasaannya.

Dalam diskusi juga ada yang berpendapat "dari ust Harry Santosa dalam rangka mengembangkan aqil adalah dengan memberikan penugasan agar terbiasa mulai mandiri dan belajar berpikir mana baik dan pemecahan masalah.
peran kita sebagai ortu sesuai tahapan usianya. Usia 0-6 tahun kita berperan sebagai Fasilitator. Usia 7-14 kita berperan sengan guide and coach, bari usia di atas 14 tahun kita berperan sebagai Partner dan investo"

Kemudian ada yang bertanya "Untuk anak usia 10 tahun bagaimana ya, mbak  memulainya..."
Ada yang menanggapi : "Kalau menurut referensi yang kami baca, mulai usia 7 tahun sudah diwajibkan menjalankan sholat dan ibadah lainnya sebagai fondasi keimanan  sehingga pada usia 10 tahun komitmennya sudah terbentuk.
Selain itu jangan lupa untuk melengkapi beragam ilmu dan wawasan anak serta mengusahakan lingkungan yang baik
Namun jika belum dilakukan bisa dimulai sesegera mungkin"

Dan diskusi pun selesai dengan materi yang luar biasa, jadi menambahkan ilmu tentang anak saya yang akan mencapai 10 tahun, bagaimana mempersiapkannya untuk mencapai aqil baligh.

Alhamdulillah

#Day6
#tantangan10hari
#Bunsay#5
#FitrahSeksualitas
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...