Rabu, 17 Maret 2021

Kebaikan

 


Kamis, 18 Maret 2021 


KEBAIKAN





Saat itu rasa lelah menyelimuti diri karena seharian penuh membereskan acara seminar. Dari pagi hari sampai sore hari waktuku fokus pada acara seminar itu. Sampai aku lupa waktu, bahkan untuk menelepon ke rumah bertanya tentang kabar anak-anak pun tidak sempat. 


Sore hari setelah acara selesai aku langsung pulang dan bertemu dengan anak-anak, dan capekku hilang seketika saat melihat mereka. 

Tapi entah kenapa kepala ku saat itu sakit sekali, tidak bisa tidur… sesekali melihat jam dinding, rasanya lambat sekali bergerak. 


Malam itu suami ku tidak ada dirumah, sedang ada acara di luar kota, jadi aku bersama anak-anak yang tengah terlelap tidur. 

Walaupun kepalaku sakit, aku sempat untuk membuka wa panitia acara tadi siang, dan memberikan selamat karena acaranya sukses, dan kami pun bersuka ria di wa grup. 

Tapi saat itu masuk pesan dari grup keluarga,,, dan pesan yang masuk mengabarkan bahwa mamah tidak sadarkan diri. 

Kalut,,, gelisah,,, bingung,, campur aduk rasanya saat itu, dengan posisi malam hari dan suami tidak ada, sedangkan anak-anak sedang terlelap tidur. 

Bapak, saat itu menyuruh kami untuk segera ke rumah,,, tapi apa yang aku lakukan adalah menunggu suami pulang. 


Entah apa yg ada didalam pikiranku saat itu,,, aku hanya terdiam dengan hp di tanganku mengabarkan kepada suami berita itu dengan kondisi kepalaku yang sangat sakit… saat itu aku tidak bisa berpikir panjang dan saat itu pula aku tidak berpikir bahwa itu adalah hari terakhir aku bertemu mamah. 

Saat suami sudah pulang aku pun segera ke rumah dengan diantar saudara...dan sesampainya di sana sudah banyak orang yang berkumpul di rumahku, dan saat itu firasatku tidak enak,,, saat aku masuk dan mamah sudah dikelilingi oleh bapak serta kakak-kakakku di tempat tidurnya dan saat itu mamah sudah tidak ada… 


Aku pun tersungkur di tempat tidurnya, aku menangis sejadi-jadinya,,,, menyesal, menyesal dan menyesal…aku pun bilang,,, maafkan dewi mah, maafkan karena tidak segera datang saat bapak menyuruh datang ke rumah,, maafkan karena sudah egois… 


Saat itu pula aku merasa terpuruk, menyesali apa yang terjadi. Banyak sekali pernyataan "kalaupun" hinggap di otak ini... Tapi itu tidak bisa merubah segalanya. 


Saat itu pula kehidupan ku berubah. Tidak akan ada lagi yang namanya menunda kebaikan karena 

kebaikan yang ditunda akan membuat penyesalan yang sangat menyakitkan. 


Sebagai seorang muslim berbuat baik, utamanya kepada orang tua haruslah diutamakan, walaupun hanya sebatas memberi kabar lewat telepon. 

Kebaikan kecil bisa membuat perubahan yang besar dari diri seorang muslim, apalagi dilakukan kepada keluarga sendiri. 


Kebaikan… Amalan yang sangat sederhana tapi kadang sulit dilakukan...


Siapa yang tidak ingin berbuat baik? Pasti semua orang ingin selalu berbuat baik, bahkan wajib hukumnya melakukan kebaikan dimanapun kita berada dan kepada siapapun.


: وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ …… 


dan berbuat baiklah, karena

sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. [al-Baqarah/2:195].


Sudah jelas dalil diatas mengenai melakukan kebaikan, karena Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.


Tapi adakalanya karena sesuatu hal kita selalu menunda kebaikan itu. Padahal dengan menunda kebaikan maka akan terjadi penyesalan.


Melakukan kebaikan adalah suatu pondasi dasar bagi kita seorang muslim untuk mendapatkan kebahagiaan yang hakiki dan memberikan manfaat bagi orang lain, bahkan kebaikan yang dilakukan oleh kita akan kembali kepada diri kita, kebaikan dibalas kebaikan. Contoh yang kecil adalah dengan saling mendo'akan yang baik-baik,, saling memberikan salam, itu hal yang sangat sederhana tapi sarat dengan kebaikan dan nilai moral yang tinggi.


Amalan kebaikan inilah nanti akan dibalas oleh Allah SWT dengan pahala yang besar.


"Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya," [al-zalzalah: 7]


Jadi, teruslah berbuat baik, gunakan kesempatan waktu yang Allah berikan untuk selalu menebar kebaikan, jangan pernah ragu,,,


-wallahu 'alam-


#ihsansetiadilatieffamily




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...