Jumat, 12 Maret 2021

Merutinkan membaca Al-Qur'an

 Jum'at, 12 Maret 2021

Bismillah


      Sebagai seorang muslim membaca Al-Qur'an adalah suatu kewajiban, karena Al-Qur'an adalah kitab suci umat islam yang wajib diimani dan sebagai penganutnya wajib membacanya. Keutamaan membaca Al-Qur'an disebutkan oleh Rasululullah dalam haditsnya : " Rasulullah saw bersabda; "sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur'an" (HR.al-baihaqi), hadits yang lain yang mengenai keutamaan membaca Al-Qur'an adalah hadits riwayat Abdullah Ibnu Mas'ud yang menyatakan , setiap huruf yang dibaca akan diberi balasn satu kebaikan. Setiap kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh, sebagaimana berikut : 

   ن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ   

Artinya: Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).


    Dari dalil tersebut sudah jelas bahwa membaca Al-Qur'an sangatlah banyak pahalanya, bahkan apabila kita terbata - bata membacanya juga tetap akan mendapatkan pahala. Jadi walaupun kita belum mahir membacanya atau bahkan baru mulai membacanya, jangan berputus asa, karena ada banyak pahala di dalam melakukannya. Ini tercantum dalam hadits rasulullah, dari Aisyah ra, rasulullah saw bersabda, " Orang yang ahli dalam Al-Qur'an, akan bersama para malaikat pencatat yang mulia lagi benar. Dan orang-orang yang terbata-bata membaca al-qur'an serta bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud).


    Salah satu resolusi saya di tahun 2021 ini adalah saya harus merutinkan membaca Al-Qur'an, mudah-mudahan bisa khatam beberapa kali dalam satu bulan. Tapi , mungkin itu tidak akan tercapai kalau tidak ada tekad dalam hati kita.
    Sangat banyak sekali gangguan yang akan terjadi saat kita ingin konsisten merutinkan membaca Al-Qur'an, mulai dari pekerjaan kita baik itu di ranah domestik atau di ranah publik, kalau hati kita tidak ada kemauan yang kuat maka rutin membaca al-qur'an pasti akan sulit. Tapi sejatinya sebagai seorang muslim walaupun banyak sekali gangguan maka kita harus menyempatkan membaca al-qur'an. Seharusnya sih jangan sisa waktu kita, tapi kita harus menjadikan membaca al-qur'an adalah waktu terbaik kita, kapanpun.
 
    Sebagai langkah awal komitmen saya untuk terus merutinkan membaca Al-qur'an adalah saya membiasakan bersama keluarga membaca al-qur'an setiap habis sholat maghrib. Itu saya lakukan agar ada kebaikan yang terus dilakukan atau ada kegitaan rutin yang dilakukan oleh keluarga setiap harinya dan itu membaca al-qur'an, alhamdulillah kami selalu melakukannya. Walaupun kadang pernah satu hari kami tidak membaca nya, tapi kami ganti dilain waktu atau pas keesokan harinya kami tambah halaman untuk membacanya.
    Kemudian saya belum lama ini bergabung dengan komunitas ODOJ (One Day One Juz). Komunitas yang merutinkan membaca al-qur'an satu juz setiap hari. Sebenarnya dari awal tahun kemarin saya sempat bilang kepada suami bahwa saya ingin bergabung dengan ODOJ, suami pun mengizinkan, tapi entah kenapa saya tidak menemukan komuintas yang cocok. Tapi qadarullah ada temen pengajian online saya membuat status bahwa ada 3 slot untuk peserta ODOJ, dan tanpa berpikir panjang saya langsung japri beliau dan alhamdulillah saya bisa masuk. Ikhtiar untuk merutinkan membaca al-qur;an harus terus dilakukan, karena dengan membaca al-qur'an maka akan banyak sekali keutamaannya dan banyak sekali hikmahnya.
    Al-qur'an adalah pedoman kita sebagai seorang muslim, jadi seleain membacanya kita pun harus menghafal dan mengamalkannya. Dan itu adalah salah satu tantangan lain bagi saya. Nanti saya cerita bagaimana saya melakukan hafalan dan bergabung juga dengan komunitas para penghafal Al-qur'an.
    
    Intinya adalah dengan membaca dan mengamalkan Al-Qur'an bukan saja kita dapat pahalanya tapi kita akan mendapatkan keutamaan dari membacanya dan mudah-mudahan al-qur'an bisa menjadi syafa'at bagi kita di akhirat kelak. AAmiin.
Alhamdulillah
-dewi-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...