Jumat, 04 Juni 2021

Badge pemberi semangat untuk terus menulis

Kamis 3 Juni 2021 

Bismillah




Alhamdulillah dapat badge lagi dari Klip (kelas literasi ibu profesional), dan  ini adalah badge yang ketiga semenjak saya bergabung di Klip ini dari bulan Februari. Alhamdulillah walaupun masih membuat 10 tulisan dalam satu bulan tapi ini  memberikan harapan bahwa saya bisa membuat lebih dari 10 tulisan. 


Sebenarnya pada bulan Mei kemarin  itu nulisnya sangat ngos-ngosan karena mepet sekali ke 10 hari terakhir di bulan Mei tapi alhamdulillah saya bisa menyelesaikan 10 tulisan itu. Kenapa saya memaksakan diri untuk buat 10 tulisan?  Syarat masih bisa stay di grup wa adalah menulis minimal 10 tulisan perbulan , nah karena saya ingin tetap berada di WA grup klip, karena disana banyak sekali senior-senior yang sudah melanglang buana membuat tulisan bahkan sudah membuat buku dan sayang sekali kalau misalnya saya harus keluar dari grup itu,  banyak ilmu yang saya dapat dari mereka, jadi semaksimal mungkin saya akan berusaha dalam satu bulan itu membuat minimal 10 tulisan, mudah-mudahan saya bisa lebih di bulan Juni.


Jujur untuk membuat tulisan itu yang  sulit adalah menemukan ide tulisan, kadang ada ide, tapi bingung mau eksekusi nya, walaupun ada ide tapi tulisannya tidak terlalu panjang, jadi 10 tulisan dalam satu bulan buat saya salah suatu pencapaian yang besar.


Mulai bulan ini, Klip membuat aturan baru yaitu tulisannya minimal 350 kata, berarti naik 50 kata dari bulan sebelumnya yaitu minimal 300 kata. Wow banget ya...membuat 300 kata aja susahnya minta ampun, ini malah dinaikkan menjadi 350 kata, dan katanya akan bertambah setiap bulannya sebanyak 50 kata. Bisa gak ya? Harus bisa. Harus dilihat lagi alasan saya untuk menulis, tujuan saya untuk menulis, alasan saya harus bisa masuk KLIP dan alasan saya untuk bisa stay di wa grupnya KLIP. Mungkin dengan itu saya bisa semangat dalam menulisnya, ya walaupun tulisan yang sangat sederhana, tapi membuat saya puas dalam menuliskannya.


Memang ide itu penting, karena kata seseorang, kalau sudah ada ide ,maka tuliskanlah, jangan ditunda-tunda, karena akan lenyap ide itu. Tapi yang sulit itu ya, bagaimana menuangkan ide itu dalam bentuk tulisan. 


Free writing..menulis bebas, tanpa harus kata baku, tuliskan apa yang kita pikirkan. Jangan dulu memikirkan untuk mengedit nya, karena memang kita bukan editor, nanti setelah selesai menulis maka di edit, dan biasanya ketika mengedit, suka muncul ide tulisan lagi, jadi bisa menambahkan tulisannya.


Tulisan yang biasa saya tulis masih seputar anak-anak. Perkembangan mereka, aktivitas mereka, masalah mereka dan juga aktivitas saya sebagai ibu rumah tangga. Dengan berbagi cara bagaimana saya bisa menuliskan cerita itu semua dengan menarik, sehingga menjadi tulisan yang enak untuk dibaca. 


Mudah-mudahan kedepannya akan ada ide tulisan selain seputar rumah tangga dan anak.


Rencananya saya ingin mereview buku bacaan saya atau film yang sudah ditonton. Saya sedang meriset bagaimana tulisan review buku dan film ini dari berbagai tulisan dan dari berbagai penulis. Sehingga muncul ide untuk bisa menulis review.


Alhamdulillah

-wie-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...