Minggu, 13 Maret 2022

Perpustakaan


Bismillah


Tema Tantangan Menulis minggu ini adalah tentang perpustakaan.

Ini adalah tempat favorit aku dan keluargaku. Apalagi buat anak aku yang pertama. Dia sangat senang sekali kalau dibawa ke perpustakaan. Matanya langsung berbinar dan bahagia. Bagaimana tidak, di antara anggota keluarga kami dialah orang yang paling senang membaca buku, tapi bukan berarti yang lain tidak senang membaca, mungkin anak aku yang pertama kesukaan nya lebih dibandingkan dengan yang lain.

Aku sangat bersyukur dengan hal itu, karena aku tidak khawatir jika dia ingin pergi ke suatu tempat pasti dia akan pergi ke perpustakaan.

Selama pandemi ini memang aktivitas mengunjungi perpustakaan tidak terlalu sering bahkan mungkin tidak pernah, karena memang perpustakaan nya juga masih ditutup  untuk umum. Tapi pada tahun 2021 lalu, perpustakaan kembali dibuka dan bisa dikunjungi lagi oleh masyarakat, tapi tentu saja dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ketika itu kami sangat antusias untuk mengunjunginya. Kamipun menjadwalkan kunjungan kami di hari weekend. 

Dan kebetulan juga si sulung masih ada di rumah, belum masuk ke pesantren, jadi aku manfaatkan waktu untuk berkunjung ke perpustakaan. Dan tentu saja dia sangat bahagia dan excited.

Tapi pada saat itu ruangan perpustakaan yang berisi buku remaja, novel dan referensi masih ditutup, yang dibuka hanya lantai 1 saja yaitu ruangan baca anak-anak. Tentu saja dia kecewa karena tidak bisa meminjam atau membaca buku favorit nya. 

Untuk memanfaatkan waktu, aku membuat kartu perpustakaan untuk nya agar dia bisa meminjam atas nama dia, dan dia sangat bahagia sekali punya kartu sendiri. Dan pembuatan nya pun tidak sulit dan tidak lama, hanya mengisi data dan difoto, langsung deh kartunya jadi. Alhamdulillah

Karena begitu simple dan gak ribet, maka aku dan anak-anak yang lain pun akhirnya membuat kartu perpustakaan. Tidak ada ruginya juga sih, walaupun tidak meminjam buku yang terpenting kita sudah punya kartu, jadi ketika kami berkunjung kembali di waktu yang lain, tidak ada kekhawatiran untuk meminjam bukunya.

Perpustakaan adalah tempat yang aman dan nyaman untuk anak-anak. Mengenalkan buku sejak dini adalah hal yang harus dilakukan untuk setiap para orang tua. Apalagi aku yang masih punya baby usia dibawah 2 tahun, pengalaman dibawa ke perpustakaan adalah hal yang baru dan seru. Walaupun dia belum mengerti akan pentingnya buku dan di perpustakaan itu baca buku, tapi setidaknya dia tahu ada yang namanya perpustakaan.

Jadi penting juga mengenalkan perpustakaan kepada anak-anak, agar mereka tidak hanya mengenal mall atau taman yang lainnya, tapi ada tempat yang seru juga untuk dikunjungi yaitu perpustakaan.

Apalagi perpustakaan di ruangan anak-anak biasanya ada permainan sehingga nyaman untuk anak-anak berada disana.

Jadi, perpustakaan adalah salah satu tempat favorit bagi aku dan keluargaku.

Mudah-mudahan kami selalu bisa meluangkan waktu bersama di perpustakaan.

Alhamdulillah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...