Minggu, 07 April 2019

Komunikasi produktif day 10 : Menjaga hati dan pikiran saat berkomunikasi

Minggu,  7 April 2019

Bismillah

Alhamdulillah tidak terasa tantangan komunikasi produktif ini sudah masuk hari kesepuluh. Banyak sekali pelajaran dan hikmah yang saya ambil dari komunikasi ini, khususnya perlakuan dan sikap saya terhadap hana, umumnya kepada anak-anak saya yang lainnya.
Sekarang tahu bagaimana saya harus menghadapi hana dan menjaga hatinya agar dia tidak mudah tersinggung.

Hari ini kami pergi berenang. Sudah lama kami tidak berenang dan alhamdulillah hari ini bisa terlaksana. Dengan semangat kami bekerjasama mempersiapkan segalanya, mengabsen apa-apa yang harus dibawa saat berenang. Setiap orang punya tugasnya masing-masing untuk membawa peralatan berenang, alhamdulillah semuanya terkendali.

Tidak banyak kami, saya dan hana berinteraksi saat berenang, saya biarkan dia bersenang-senang, dan menikmati saat-saat berenang nya.
Akhirnya kami pulang dengan perasaan gembira dan waktunya makan, karena saya gak masak jadi saya pesan go food saja 😊

Setelah makan ada sedikit perbincangan antara saya dan Hana. Saya bertanya apa yang akan dia rindukan saat sudah lulus dari SD, kemudian dia menjawab, semuanya, sekolahnya, gurunya teman-temannya, trus saya tanya lagi, kan kata hana gak suka sama teman-teman, tapi hana jawab, iya gak semua, ada satu dua yang akan hana rindukan. Memang dia pernah curhat tentang temannya, ada satu teman yang sangat dia tidak suka, karena sikapnya yang tidak baik, dia selalu mengadu domba antar temannya, jadi hana tidak suka pada temannya itu. Iya saya bilang, jangan terlalu dibenci, biasa aja sikapnya ke dia.
Hana itu sebenarnya suka berteman, tapi kalau ada teman yang sikapnya tidak baik, dia jadi tidak suka, dia lebih baik menghindarinya daripada nantinya terpengaruh dengan temannya itu.
Jadi intinya dia akan rindukan semuanya tentang sekolah nya 😊

Alhamdulillah komunikasi yang baik akan memberikan hasil yang baik.
Mudah-mudahan hana akan terus menjadi pribadi yang baik, santun dan rendah hati.

Sebentar lagi dia akan ujian nasional, maka tugas saya adalah menjaga hati dan pikiran nya agar selalu positif, tidak menekan dia, tidak membebani dia, yang terpenting saya selalu berpesan lakukan yang terbaik dan hasilnya serahkan sama Allah.



Alhamdulillah

#hari10
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...