Jumat, 05 April 2019

Komunikasi produktif day 8 : Mereka pasti bisa

Jum'at,  5 April 2019

Bismillah

Memberikan perintah kepada anak memang harus dengan KISS (Keep Information Short and Simple) agar perintah itu bisa dilaksanakan oleh anak dengan penuh pengertian tanpa ada tanda tanya di pikiran sang anak.

Itu yang terjadi pada anak-anak saya hari ini. Kebetulan hari ini ada tamu dan sudah kebiasaan yang menyuguhkan minuman adalah anak-anak, bukan karena saya malas, tapi karena kondisi juga, tapi anak-anak tidak jadi masalah untuk melakukan itu.
Saatnya saya memberikan perintah dengan tepat. Eca yang kali ini menyiapkan cangkirnya, tapi saya tanya dulu, apa dia bisa, dan dia bilang saya bisa, oke.
Terus katanya ada 3 orang tamunya. Oke, dia siapkan 3 cangkir. Saya bilang ambil airnya hati-hati, sambil terus saya awasi. Tapi pada saat eca melakukan itu, hana ikut memerintah, ikut menyuruh eca, saya bilang udah hana jangan diganggu eca nya, biarin aja. Memang hana suka geregetan dengan sesuatu yang tidak sesuai dengan dia. Hana bilang, jangan kayak gitu, cangkirnya udah dilap dulu gak, airnya jangan kepenuhan, hal-hal seperti itu lah dan itu membuat eca gak nyaman. Oke saya ambil alih, daripada eca gak jadi menyuguhkan airnya, dengan nada yang saya kendalikan, saya bilang ke hana, biarin eca aja yang kerjain, hana awasi aja eca nya, dengan perintah seperti itu hana langsung nurut dan alhamdulillah selesai sudah tugas eca.

Kadang saya terharu dalam hal sikap anak-anak selama ini. Mereka selalu menurut apa yang saya perintahkan dan katakan, bukan nya saya tega selalu memerintahkan mereka, tapi memang mereka masih belum punya inisiatif dalam beberapa hal, jadi masih harus diingatkan, tapi itu semua tidak membuat anak-anak menjadi jengkel atau kesal dengan perintah saya, karena apa, saya selalu punya alasan kenapa saya perintahkan mereka, tidak semata-mata asal perintah, itulah yang membuat anak-anak menjadi anak yang penurut.

Saya selalu mencoba mengedepankan perasaan mereka saat saya harus memerintah mereka, apakah mereka mampu melakukan apa yang saya perintah, atau tidak,  agar mereka senang dan tidak terbebani.
Dan satu lagi kunci yang utamanya yaitu komunikasi, dengan pendekatan komunikasi yang baik dan produktif membuat apa yang saya inginkan dari anak-anak saya bisa tercapai.

Alhamdulillah

#hari8
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...