Rabu, 03 April 2019

Komunikasi produktif day 7 : fokus pada solusi bukan masalah

Rabu, 3 April 2019

Bismillah

Hari ini libur dan jadwal jalan-jalan, kebetulan suami lagi gak ada jadwal keluar kota, alhamdulillah jadi kita bisa refresh sejenak.

Sambil mengajak hana refresh sejenak dari kegiatan ujian prakteknya, biar nanti besok pas mau ujian lagi otaknya fresh.

Hari ini kita jadwalkan untuk nonton bioskop, ada film anak-anak yang sedang tayang, judulnya "Dumbo". Dari rumah saya sudah sounding bahwa jadwal kita nonton saja dan makan tanpa embel-embel lain, kalau gak gitu mereka suka minta yang macam-macam.

Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar.

Waktunya makan, dan kita makan di salah satu tempat makan jepang. Tidak ada ada masalah, karena saya memberitahukan ke mereka dulu apa yang harus dilakukan, dengan komunikasi yang halus dan tidak emosi membuat suasana makan jadi nyaman. Hana sekali-kali mengkritik apa yang eca lakukan, harusnya seperti itu seperti ini, pokoknya ngatur, saya kadang diam dulu sejenak, sampai akhirnya saya yang menengahi.

Kadang saya suka heran dengan sikapnya, dia selalu meniru apa yang saya perbuat dan katakan, dan dia lakukan itu ke eca, saya kadang kasihan dengan eca, tapi saya mencoba untuk bijak, tidak ada yang menghakimi siapa yang salah, karena kalau saya langsung menuduh hana atau marah atas apa yang hana lakukan, dia suka marah dan kadang jadi bete, dan semuanya kacau, terkadang saya suka langsung diam.
Tapi, saat aku diam, menunjukkan bahwa saya gak suka apa yang hana lakukan, dia langsung menyadarinya dan dia berusaha bersikap seolah-olah tidak ada yang terjadi.
Begitulah hana, dia selalu menunjukkan jiwa yang "ksatria", melupakan apa yang sudah terjadi.

Saat ini saya sedang belajar fokus pada solusi, bukan pada masalahnya. Saat hana berinteraksi dengan eca dan kadang membuat eca marah atau nangis atau sebaliknya, saya kadang tidak langsung menuduh salah satu, saya selalu merunut apa yang terjadi dan pada saat itu saya memberikan solusi dari masalah yang ada.
Memang komunikasi itu harus dilatih, mungkin selama ini saya hanya berkomunikasi satu arah, yang penting tujuan saya tercapai, tapi itu salah, itu membuat anak-anak menjadi lemah, tidak percaya diri.

Jadi saya sedikit demi sedikit merubah itu dan belajar berkomunikasi dengan baik, bukan hanya dengan hana, tapi dengan eca yang masih butuh banyak interaksi dengan saya karena umurnya masih 8 tahun.

Semoga dengan ini, tingkat kepercayaan diri anak-anak akan meningkat.


Alhamdulillah 

#hari7
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...