Selasa, 02 April 2019

Komunikasi produktif day 6 : menyelesaikan masalah dengan komunikasi

Selasa,  2 April 2019

Bismillah

Sifat dan karakter setiap anak pasti berbeda, dan semuanya unik. Hana mempunyai sifat menurut saya agak "jahil". Kenapa? Karena sering sekali menggoda adiknya, eca, apabila mereka sedang bermain dan itu kadang membuat saya marah atau emosi. Tapi karena saya sedang berusaha menjalani komunikasi yang baik dengan hana, maka emosi saya akan coba tahan.

Hari ini hana berangkat sekolah untuk kegiatan ujian prakteknya, dan saya hanya pesan lakukan yang terbaik. Dia pun tersenyum 😊

Setelah pulang saya selalu ingatkan untuk sholat dzuhur dan kemudian makan. Dia pun menuruti nya, tapi kemudian dia belajar Lagi.

Tapi kadang dia sebelum itu suka menggoda eca yang saat itu sedang main. Saat itu eca belum terpancing, eca masih asyik aja bermain.

Malam hari saat kita sedang makan dan eca kebetulan sudah makannya, hana lagi-lagi menggoda eca. Saat itu eca sedang mengerjakan PR nya, kami pun berdiskusi, semua terlibat, hana pun ikut membantu eca dalam menjawab pertanyaan PR eca, awalnya baik-baik saja sampai hana bilang sesuatu ke eca dan itu membuat eca kesel dan menangis. Eca pergi ke kamarnya dan menghapus semua jawaban yang tadi dia isi di buku PR nya. Saat itu saya tidak tahu permasalahan nya. Hana kemudian bilang ke saya bahwa eca nangis, saya langsung ke kamarnya dan bertanya kenapa eca nangis.

Mungkin saat ini saya melakukan komunikasi dengan dua anak saya, hana dan eca, tapi saat itu saya menekankan kepada eca, tapi hana pun saya libatkan karena ternyata eca nangis karena hana.
Saya kemudian menasihati eca, berusaha membuat dia berhenti menangis sambil bertabayyun kepada hana masalahnya apa, awalnya  hana gak mengaku bahwa eca nangis karena dia, tapi kemudian dia bilang mungkin eca nangis karena dia bilang bahwa apa yang dikerjakan itu bukan PR dan gak usah dikerjakan. Oke sip, berarti saya sudah tahu permasalahan nya, saya kasih solusi pada eca dan hana juga.
Alhamdulillah akhirnya eca tidak nangis lagi dan kami pun tertawa gembira kembali.

Alhamdulillah, saya senang masalah terselesaikan dengan komunikasi yang produktif dan memang ada rasa bangga dan haru, dan itu menjadi kebanggaan terhadap diri saya.

Ini hana mau berangkat sekolah

Alhamdulillah 

#hari6
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...