Selasa, 10 Desember 2019

Cerdas financial sejak dini, materi 8 day 10 : Menghitung uang kembalian hasil belanja dan jajan

Selasa, 10 Desember 2019
Bismillah

Melatih cerdas financial sejak dini

Alhamdulillah wa syukurillah masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan tantangan ini.

Sebenarnya proyek terakhir pada periode tantangan ini, kami melakukan sesuatu mengenai uang, yaitu menghitung nominal uang.  Menghitung uang kembalian dari belanja saya, dan jajan Hessa.

Saya tanya, kalau uang belanja nya 10.000 dan  kembaliannya 7000, berapa belanjanya umi? Dia berpikir sejenak dan langsung menjawab 3.000, yap betul.
Kemudian saya tanya lagi, kalau hessa bawa uang jajan 10.000 dan kembaliannya 6.000, jadi hessa jajan berapa? Dia juga kembali berpikir, dan langsung jawab 4.000.
Mungkin itu perhitungan sederhana dengan nominal uang yang kecil. Tapi saya semuanya bertahap, nanti mungkin akan saya coba ke nominal yang besar misalkan uang 50.000, tapi saya pikir cukup untuk seusianya dalam mengenal nominal uang kembalian dari hasil jajan nya dia.


Melatih cerdas finansial untuk Hessa dari awal saya bilang susah-susah gampang, karena memang dia adalah tipe suka jajan, tapi dia juga suka langsung nurut ketika saya suruh berhenti jajannya. Dan mencoba untuk membagi uang pemberian saya ke kotak infak, menabung dan jajan.

Alhamdulillah

#hari10
#level8
#tantangan10hari
#cerdasfinancial
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...