Selasa, 02 Maret 2021

Tantangan memasak...harus terus mencoba!!

 Selasa, 2 Maret 2021

Bismillah

    Hal yang menantang dalam hidup saya adalah salah satunya memasak. Koq memasak? iya, walaupun saya seorang perempuan dan seorang ibu, saya tidak pandai memasak. Tidak seperti ibu saya (almarhum) yang pandai memasak, semua masakannya enak-enak, dan bakat itu ternyata tidak menurun kepada saya, tapi kakak-kakak saya ada yang pandai memasak seperti ibu. 

    Jadi, saya bisa bilang bahwa memasak adaldah hal yang paling menantang dalam hidup saya. Saya ingat dulu pernah dikatain, saya gak bisa masak, kalau mau makan suka dimasakkin atau beli makanan yang sudah jadi, sakit hati dong saya, tapi saya soh gak ambil pusing karena suami saya tidak mempersoalkan itu. Suami saya tipe orangnya santai, yang penting dia bisa makan, mau makanan dimasak sendiri, beli yang sudah jadi, gak jadi masalah, malahan dia pernah bilang, udah hari ini gak usah masak, kita beli aja,,,wah seneng nya hati ini.

Tapi, tapi, saya gak boleh begini terus, saya harus mengupdate kemampuan saya di bidang memasak. Caranya saya suka baca-baca resep masakan, bisa baca di buku, google atau bisa nonton di youtube. Kenapa saya harus bisa memasak atau setidaknya saya memasak makanan buat anggota keluarga? supaya ada kesan untuk suami dan anak-anak bahwa mereka makan masakan uminya dan juga memberikan contoh kepada anak-anak bahwa uminya bisa memasak dan mereka bisa membantu saya apabila memasak. Saya juga pernah masuk ke rumah belajar memasak di Ibu Profesional, tapi tidak lanjut, karena ya waktu itu saya masih malas,,,😁 

    Sekarang memang zaman sudah praktis dan instan, semua makanan bisa didapat dimana saja, bisa pergi ke warung nasi atau bisa pencet aplikasi antar makanan di hp, canggih...dan itu pun sangat membantu saya, sebagai ibu yang masih terus belajar memasak kadang suka aja yang tidak sesuai ekspektasi atau bahkan bingung mau masak apa hari ini, nah kalau sudah seperti jurus ampuhnya ya pesan makanan, dan semuanya bisa menerima yang terpenting mereka makan hari ini.

    Memasak bukan hanya memasukkan semua bahan kedalam panci atau wajan atau bahkan hanya menggoreng di minyak yang panas tapi semua itu ada ilmunya,,,bagaimana menakar air untuk buat sayur atau menakar bumbu-bumbunya dan kadang itu yang membuat saya bingung. Misalkan mau masak sayur asem, bahan yang harus dipersiapkan banyak, harus memotong bahannya, bumbu yang dipakai apa aja, cara masaknya bagaimana, dan itu tidak gampang buat saya,,ya kalau yang sudah ahli masak pasti gak jadi masalah, tapi buat saya itu tantangan. 

Contoh saya mau membuat soto ayam. Bahannya apa aja, cara memasaknya bagaimana, menakar bumbunya juga dan sebagainya,,,nah itu saya suka buka youtube buat melihat caranya, karena yang menjadi tantangan juga buat saya, saya tidak pernah hafal resep masakan, walaupun itu dibuat berulang kali, pasti saya harus melihat cara membuatnya lagi...duh memang pelupa saya 😌 apalagi kalau saya harus masak buat orang yang banyak, duh itu saya nyerah deh,,ya walaupun buat banyak, tidak lebih dari 10 orang, tapi saya ingin mencobanya sih, masak buat orang banyak, ya minimal buat 50 orang dan itu yang sedang saya tantang ke diri saya sendiri, semoga bisa😊

    Tapi jujur selama pandemi ini saya sangat terbantu oleh anak-anak saya. Karena mereka ada di rumah, kadang saya suka berdiskusi dengan mereka makanan apa yang akan kita masak hari ini dan alhamdulillah mereka selalu membantu saya dalam memasak, jadi kita belajar sama-sama.

    Jadi memasak adalah hal yang paling menantang dalam hidup saya dan saya berusaha untuk menaklukkan tantangan itu dengan banyak belajar dimana saja dan dengan siapa saja dan yang paling penting mau melakukannya, tidak malas mengerjakannya dan tidak menyerah karena gak bisa.

Alhamdulillah

-dewi-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...