Jumat, 29 Maret 2019

Komunikasi produktif day 2 : Gara-gara samyang

Jum'at,  29 Maret 2019

Bismillah

Hari kedua tantangan komunikasi produktif bersama hana.

Jadi ceritanya hari ini kita mau masak samyang dan dimakan rame-rame dan kebetulan ada hasya anak saya yang pertama yang lagi pulang dari pesantren.
Biasanya pas kita mau masak pasti ada drama dulu, ada yang pengen bantuin masaknya, ada yang pengen nyiapin piring dan masukkin bumbunya, dan ada juga yang cuma perintah aja kerjaannya.
Pokoknya drama sekali dan itu membuat saya beristighfar beberapa kali dan itu manjur sih buat mereka diam sejenak.
Jadi, hana yang super perfect ingin semuanya rapih dulu baru masak dan dia biasanya marah ke adiknya yaitu eca, saya memang suka langsung marah sih kalau hana udah bersikap seenaknya ke eca. Tapi kali ini saya mencoba senyum dan memberi tahu kan hana bahwa itu tidak baik, saya bilang, bisa kan bicaranya gak nadanya tinggi? Dia langsung diam dan seperti biasa cemberut. Tapi tidak apa-apa, setidaknya dia tahu kalau itu salah.
Kemudian tidak sampai disitu, untuk menuangkan bumbunya saja, hana bertengkar lagi dengan eca, dan sekali lagi saya menarik nafas dan bilang ke hana, gak apa-apa eca aja yang masukkin bumbunya, dengan nada yang saya tahan agar tidak terlalu tinggi.
Saya memang sudah berulang kali bicara sama hana, jangan bertengkar sama eca, tapi mungkin emosi dia masih naik turun, dan memang masih harus banyak belajar.

Tapi memang ada hikmahnya, saya jadi bisa mengontrol emosi dan bisa berkomunikasi dengan baik ke hana, agar dia tidak merasa sakit hati dan tersudutkan.

Pilihan kata juga penting untuk kita berkomunikasi dengan anak, agar pesan kita tersampaikan.



Foto ini diambil pas samyang nya sudah jadi dan siap makan, alhamdulillah gak ada lagi drama pas waktunya makan 😊

Alhamdulillah

#hari1
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...