Minggu, 31 Maret 2019

Komunikasi produktif day 4: Hati yang terluka

Minggu, 31 Maret 2019

Bismillah

Komunikasi dengan seorang anak yang mau remaja, 12 tahun,  susah-susah gampang. Ketika kita menaikkan nada suara kita maka dia akan tersinggung dan sedih, sebaliknya kalau kita merendahkan nada suara kita saat berkomunikasi dengan nya maka dia akan senang, nurut dan tersenyum.

Itulah yang terjadi hari ini, dimana saya sempat membentak dia karena dia bercanda dengan adiknya, eca,  tapi membuat adiknya menangis. Saya memarahi dia, dan dia menyebut bahwa nangis adiknya bukan sama dia.
Memang tetkadang saya suka langsung menyalahkan seseorang tanpa tau sebabnya,itulah kelemahan saya.
Setelah saya menenangkan  eca, saya menanyakan kronologis kejadian kenapa sampai eca menangis dan hana pun menceritakan nya, saya mencoba adil, agar hana tidak lagi tersinggung dengan tuduhan saya, maka saya pun menasihati eca agar tidak mengganggu kakaknya.
Memang saat itu hana sedang belajar untuk ujian praktek besok hari, tapi hana ingin bercanda dengan eca dan terjadilah tragedi eca menangis.

Sebenarnya sangat mudah berkomunikasi dengan hana, apalagi dengan suasana hati saya yang sedang baik, semua keinginan saya tercapai. Tapi memang kadang saya selalu berusaha membuat hana tidak tersinggung dengan kata - kata saya, oleh karena itu saya selalu memilih kata yang baik buat hana.
Saat ini dia sedang menghadapi ujian kelas 6 nya, maka suasana hatinya harus selalu saya jaga, agar dia bisa semangat dalam belajar nya. Semoga komunikasi yang intens dengan dia membuat dia menjadi orang yang percaya diri dalam menghadapi ujian nya.

Alhamdulillah

#hari4
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...