Jumat, 14 Juni 2019

Family project hessa Day 2 : puzzle yang terlupakan

Bismillah

Melatih kecerdasan anak : puzzle pertama hessa

Sudah hari kedua tapi ide dalam membuat tantangan buat hessa masih juga bingung. Tadi siang saya berdiskusi dengan hasya, anak pertama saya,  tentang tantangan apa yang cocok buat hessa untuk meningkatkan kecerdasan hessa.
Hasil dari diskusi itu ada beberapa tantangan yang bagus buat hessa, diantaranya yaitu membatasi pemakaian gadget, melatih emosional hessa dan problem solving. Tapi tidak mungkin kan saya cobakan semua ke hessa, saya harus fokus ke satu tantangan untuk meningkatkan kecerdasan hessa.
Tapi sebelum saya putuskan apa yang akan menjadi project dalam tantangan ini, saya punya ide lagi, yaitu menyusun puzzle. Ya, sudah lama hessa tidak bermain puzzle, dan menurut saya kegiatan ini cocok untuk hessa.
Kemudian saya bicara sama hessa dan alhamdulillah dia setuju.
Kebetulan saya kemarin beberes dan menemukan puzzle lama yang sudah lama tidak dimainkan.

Ini penampakan puzzle nya

Puzzle ini sudah lama saya beli. Dulu sering sekali dimainkan oleh hasya dan hana, tapi karena mereka sudah besar jadi jarang dimainkan.
Hessa mulai mengerjakan puzzle ini. Awalnya dia juga gak percaya diri, takut gak bisa, tapi saya terus dorong  agar dia mau main puzzle ini.

Didalam puzzle nya ada kertas gambar yang akan memudahkan penyusun puzzle nya

Ini isinya dan total semua kepingan puzzle nya ada 200 keping

Hessa pun mulai mengerjakan nya. Awal-awalnya saya selalu mengingat kan kalau penyusunan puzzle harus dari pinggir dan dia tahu, bahkan dia bilang, umi jangan bantuin aku, hmmm, nantang juga nih anak  😊

Saya biarkan  dia sendiri menyusun puzzle nya. 

Setelah ditengah jalan dia memang agak kesulitan, kemudian saya bantu dia dan kakaknya pun bantu dia, tapi sebatas memilihkan kepingan puzzlenya dan dia sendiri yang menyusun nya. 

Dan alhamdulillah setelah hampir 1,5 jam akhirnya puzzle bisa tersusun. Karena memang ini puzzle lama jadi ada kepingan yang hilang, tapi gak banyak hanya 3 keping. 

Alhamdulillah selesai 

Ada beberapa kecerdasan yang di asah dalan penyusunan suatu puzzle,yaitu diantaranya kecerdasan dalam menghadapi tantangan, kecerdasan emosional dan tentunya kecerdasan intelektual. Tapi saya lebih fokus ke peningkatan kecerdasan dalam menghadapi tantangan, dan hessa alhamdulillah menyelesaikan tantangan pertamanya.

Besok akan ada puzzle lain yang akan disusun oleh Hessa  😊


#hari2
#gamelevel3
#tantangan10hari
#myfamilymyteam
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...