Senin, 02 Desember 2019

Cerdas financial sejak dini, materi 8 day 4 : Kebutuhan atau keinginan?

Senin, 2 Desember 2019

Bismillah
Melatih cerdas financial sejak dini

Kegiatannya dilakukan hari ahad kemarin, tapi tidak sempat menulis, jadi saya tulis hari ini.
Kemarin kami jalan-jalan ke sebuah mall. Pasti tau semua kalau ke mall banyak yang diinginkan. Hessa pun sama, dia ingin ini itu pokoknya apa yang dia lihat semuanya mau.

Saya yang mencegah dia membeli sesuatu yang tidak menjadi kebutuhan, tapi kadang abi nya yang memperbolehkan. Saya sih suka nyerah deh kalau seperti itu. Abi nya selalu manjain hessa, tapi saya sudah kasih tau hessa jika beli barang di mall berarti besok-besok harus rajin - rajin menabung nya. Oke katanya. Baiklah, akhirnya dia mampir ke toko stroberi, yang menyediakan pernak-pernik lucu. Hampir saja saya yang membolehkan hessa beli barang yang tidak dia butuh, karena lucu-lucu semua, tapi alhamdulillah saya kasih pengertian bahwa barang itu tidak dia butuhkan.
Akhirnya dia memilih satu barang yang menurut dia bagus dan memang dia butuh. Saya tanya, bener butuh? Dia jawab, iya mi, kan tempat pensil hessa kecil, trus udah kotor. Hmmm alasannya sih oke, tapi menurut saya bukan itu alasannya, tapi memang dia mau barang itu. Tapi alhamdulillah dia tidak minta barang yang lainnya.


Untuk menanamkan konsep butuh dan ingin memang susah-susah gampang, iya tidak hanya hessa, kadang kita juga suka belum bisa menahan beli barang yang dibutuhkan dan diinginkan.
Iya sama -sama belajar.

Alhamdulillah

#day4
#tantangan10hari
#materi8
#cerdasfinancial
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...