Minggu, 08 Agustus 2021

 Belajar Streamyard

(rangkaian materi broadcasting training bersama Ibu profesional)





Materi kedua dalam training broadcasting yang diselenggarakan oleh Ibu profesional adalah bersahabat dengan streamyard. Mungkin buat yang tidak pernah atau belum melakukan live streaming istilah ini sangatlah asing, tapi bagi sebagian orang yang sudah sering live streaming baik itu di facebook atau youtube istilah ini tidak asing, termasuk aku, yang beberapa kali live streaming menjadi moderator dan aplikasi yang dipakai yaitu streamyard. 

Dalam training broadcasting kali ini selain materi publik speaking kita diajarkan bagaimana mengoperasikan alpikasi streamyard. Materi ini disampaikan oleh mba Asmaul Husna , beliau adalah seorang operator streamyard dan juga sebagai member IP Asia. 

Apa itu streamyard?



Mba una, panggilan akrab dari mba asmaul husna menjelaskan apa itu streamyard. menurut beliau streamyard itu adalah :
  • merupakan layanan streaming dimana penggunaannya tidak perlu menggunakan aplikasi atau software cukup dengan browser saja.
  • stremyard mencakup berbagai layanan streaming seperti youtube, facebook, twitter, linkedin dan ada juga layanan streaming custom atau custom RTMP.
Cara menggunakannya mudah sekali , tinggal masuk situs streamyard nya di alamt https://streamyard.com, nanti akan ada pilihan log in dan get started. Bedanya yaitu kalau log ini adalah untuk email yang sudah pernah digunakan sedangkan get started yaitu untuk daftar email pertama kali. jadi menurut mba una, kalau kita sudah memasukkan email kita maka selanjtnya yang dilakukan adalh tinggal klik tpombol log in saja dan na nti akan diberikan kode, login kode sebanyak 6 digit dan menuru mba una juga ini adalah kelebihan streamyard, yaitu tidak meminta data-data yang lain, cukup data email saja. menuruku juga ini aman sih, karena tidak meminta data macam-macam yang akan membuat kita khawatir keamanan data kita. 

mengapa streamyard/

Selanjutnya mba una menjelaskan mengapa untuk live streaming kita memilih streamyard. mengapa?
  • mudah digunakan : pengoperasian Streamyard ini mudah digunakan . yang terpenting adalah latihan. sehingga kita akan lebih kebnal, lebih bersahabt dengan aplikasi strwmyard ini.
  • coment management. jadi strwamyard ini biasa mengatur komentar yang masuk saat kita live. narasumber juga bisa melihat komentar atau pertanyaa dari para audiens.
  • free : dan kelbihan lainnya ada akun free yatu selama 20 jam live streaming 
Jadi tidak salahnya untuk berlatih menggunakan aplikasi ini, dan alhamdulillah pada kesempatan kali ini, saat ada tugas nya saya mengajukan diri untuk menjadi operator dan ini penghargaan sekali buat saya karena bisa menantang diri untuk berada dibelakang layar dan pastinya tidak mudah he he.

Baik, selanjutnya aplikasi stremyard ini ada yang gratis dan ada yang berbayar. yang tadi sudah dijelaskan diatas bahwa kelebihan akun streamyard ini ada fasilitas freenya alias gratis. Lumayanlah sekitar 20 jam. Kalaulah satu hari 1 jam untuk berlatih, bisa kurang dari satu bulan bisa mahir dalam mengoperasikan aplikasi streamyard ini.

fitur-fitur streamyard



Karena saya bertugas menjadi operator saya bisa melihat tampilan streamyard dibelakang layar. Banyak fitur -fitur yang ada di streamyard. Ada comments (menampilkan komentar, pertanyaan dari audince), Banners (untuk menaikkan title atau ticker, running text), kemudian ada Brand (terdapat color, tema, overlay, logo, clip, backround), private chat (fitur ini merupakan chat room untuk berkomuniaksi dengan partisipan yang ada di studia dan tidak bisa dilihat diluar studio dan terakhir adalah settings (untuk mic, kamera, greenscreean). fitur -fitur ini yang saya lihat ketika saya live menjadi moderator. Sekarang saya tahu bagaimana caranya menaikkan komentar audience, kemudian menggunakan running teks dan merubah warna, font tulisan atau tampilan studio. Alhamdulillah bersyukur sekali mendapatkan ilmu ini.

Kemudian fitur yang lain adalah bagaimana mengatur kalau partisipannya lebih dari dua, kemudian bagaimana mengaturnya, cara menaikkan dan menurunkan partisipan dan juga bagaimana menampilkan file atau share screen. Ketika saya latihan menjadi operator di tugas ini saya mencoba semua fitur yang ada di aplikasi streamyard ini. dan ternyata seru juga he he
Walaupun ini live nya private tapi tetap saya harus bisa profesional dalam mengoperasikan streamyard ini agar hasil livenya bagius. 




Tapi ada satu kendala yang harus diantisipasi oleh operator stremyard yaitu kendala jaringan atau sinyal. memang inilah kendala yang pasti terjadi dikala live. Tapi bagaimanapun juga koneksi atau jaringan kita tidak bisa atur, tergantung provider atau tergantung sinyal dari masing-masing tempat partisipan. Dan ini yang kemarin saya alami juga, ketika salah satu partisipan belum masuk audionya, saya sempat bingung apa yang harus saya lakukan. tapi setelah diutak atik ternyata memang jaringan dari tempatnya nya yang bermasalah dan satu lagi ternyata saya belum menaikkan partisipannya itu sehingga suaranya tidak keluar. Yes, akhirnya saya bisa menyelesaikan kendala itu .

Itulah materi mengenai bersahabat dengan stremyard dan ini adalah materi terakhir dari training broadcasting,  yang kemudian diikuti oleh tugas untuk live streaming di media sosial masing-masing dengan menggunakan apliaksi stremayard dan harus diaplikasikan semua fitur-fiturnya.

Sekali lagi saya sangat bersyukur bisa mengikuti training ini, walaupun sebenarnya materi seperti ini sudah banyak di youtube, tapi mungkin aura nya berbeda ketika kita sendiri yang mengikutinya, mungkin materi yang di youtube untuk penguatan materi yang didapat di training ini.

Apresiasi untuk diri saya sendiri karena berhasil menaklukkan kegugupan saat menjadi operator dan juga sudah memberanikan diri mengambil peran menjadi operator. 
Semoga keahlian ini bisa teus saya praktekkan agar saya bisa lebih melek teknologi, karena sekarang sudah zaman digital dan kita harus bisa menyeimbangkannya dengan mencari ilmu tentang digital. 

Alhamdulillah
-Wie-

semoga dengan terus berlatih bisa membuat saya menjadi sahabat streamyard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cerita Idul Adha 1443H Bismillah Halo apa kabar sahabat semua? Semoga sahabat senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. ...